Latihan 1: Penggunaan Fitur Menu
Tujuan latihan 1:
mempraktikan integrasi dokumen pengolah kata (MS-Word) dan pengolah angka (MS-Excel) melalui mekanisme penggunaan fitur menu.
Indikator:
siswa dapat melakukan integrasi dokumen MS-Word dan MS-Excel melalui cara penggunaan fitur menu.
Keterampilan prasyarat:
kemampuan dasar menggunakan aplikasi pengolah kata: (MS-Word)
- mengatur ukuran kertas
- menentukan margin
- mengatur text alignment
kemampuan dasar menggunakan aplikasi pengolah angka: (MS-Excel)
- membuat tabel, memberi border dan shading
- memformat data di dalam tabel
- membuat grafik
- Bukalah aplikasi MS. Word, kemudian aturlah dokumen menjadi ukuran A4 dengan margin atas, bawah, kanan dan kiri 2,5 cm.
- Ketiklah dokumen berikut:
- Dibawah paragraph terakhir, klik menu Insert - Table - Excel Spreadsheet seperti gambar berikut:
- Maka akan muncul kotak aplikasi MS-Excel, perhatikan bagian menu, juga berubah menjadi menu MS-Excel.
- Pada kotak spreadsheet yang muncul buatlah tabel berikut:
- Buatlah format tabel seperti gambar diatas. Seleksi/ block cell B1:C7.
- Klik menu Insert - Column - 2-D Column, seperti gambar berikut:
- Maka akan muncul grafik perbandingan jumlah pengguna media sosial.
- Untuk kembali ke dokumen MS-Word, klik sembarang tempat di bagian dokumen MS-Word. Jika diperhatikan secara detail, maka akan nampak garis-garis tabel aplikasi MS-Excel. Garis-garis tersebut dapat dihilangkan dengan cara, klik menu View dan uncheck Gridlines
- Aturlah layout tabel dan grafik, kemudian simpan dokumen.
Rubrik Penilaian:
Latihan diatas dapat dinilai dengan menggunakan rubrik penilaian sebagai berikut:
No. | Penilaian | % Skor |
1 | Dokumen MS-Word:
|
20% |
2 | Integrasi tabel dan grafik:
|
40% |
3 | Tabel spreadsheet:
|
20% |
4 | Grafik:
|
20% |
Total Skor: | 100% |
0 comments:
Post a Comment