Monday, May 25, 2020

Pembelajaran Online

Sejak munculnya pandemi Covid-19, sekolah mengubah pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran online atau sering disebut juga pembelajaran daring. Apakah pembelajaran online atau pembelajaran daring itu?

Di dalam pembelajaran online materi disampaikan melalui berbagai media berbasis internet. Ada yang menggunakan google classroom, moodle untuk mengelola kelas secara online, google meeting, zoom, webex untuk tatap muka, google form untuk penilaian, youtube untuk penyampaian materi dalam bentuk video, google drive untuk sharing materi dan banyak lagi.
Sebenarnya jika diperhatikan maka pembelajaran online ini tidak banyak perbedaannya dengan e-learning/ electronic learning. Perbedaan yang pasti diantara keduanya adalah e-learning tidak harus menggunakan jaringan/ network sedangkan online learning sudah pasti menggunakan jaringan internet. Keduanya menggunakan pola pembelajaran bermedia yang digambarkan sebagai berikut:


Pada pola diatas, media memiliki keleluasaan untuk berinteraksi dengan siswa secara langsung, sedangkan peran guru menjadi fasilitator dan evaluator dalam pembelajaran.

Dalam model pembelajaran online ini tidak hanya guru yang dituntut untuk merubah pola rutinitas mengajarnya namun siswa juga dituntut untuk lebih mandiri dalam pembelajaran.
Share:

0 comments:

Post a Comment