Integrasi dalam Google Office

 Nah, gimana nih kalau dalam integrasi kita menggunakan Google Office?

Seperti aplikasi Microsoft Office, aplikasi Google Office ini juga merupakan kumpulan aplikasi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas perkantoran. Di dalam Google Office juga ada aplikasi pengolah kata (Google Docs), aplikasi pengolah data/ angka (Google Sheets), dan aplikasi untuk membuat presentasi (Google Slides).
Aplikasi ini merupakan layanan yang terhubung dengan Google Mail dan Google Drive. Untuk dapat menggunakan Google Office, diperlukan sign in ke dalam Google Mail terlebih dahulu. Setelah itu klik icon 9 titik yang ada di sebelah kanan atas. Pilih aplikasi Google yang akan digunakan.


Untuk belajar bagaimana cara menggunakan aplikasi Google Office, gunakan buku modul pelajaran Office Application dibawah ini. Dapat juga melalui berbagai situs yang ada.

Buku modul pelajaran Google Office Applications dapat dipesan melalui email:
kdtintin02@gmail.com atau sutini.dharma@karangturi.sch.id.
Subject: PEMESANAN BUKU INFORMATIKA - OFFICE APPLICATION.
Cantumkan jenis buku: Softcopy / Hardcopy.
Tuliskan no WA yang dapat dihubungi, alamat email / pengiriman buku.
Integrasi yang terjadi pada Google Office sedikit berbeda dengan aplikasi Microsoft Office. Meskipun metode yang digunakan hampir sama. Pada Google Docs ada 2 macam pilihan Paste, yaitu Paste dan Paste without formatting.

Jika kita meng-copy tabel data dari aplikasi Google Sheets, kemudian menempelkan pada dokumen dengan menu Paste without formatting, maka tabel data tersebut akan ter-copy sebagai teks biasa tanpa format.
  1. Buat tabel data pada aplikasi Google Sheets, kemudian seleksi tabel dan tekan tombol Ctrl+C (Copy).


  2. Bukalah dokumen pada aplikasi Google Docs, kemudian pilih menu Edit dan pilih Paste without formatting.


Jika kita meng-copy tabel data dari aplikasi Google Sheets, kemudian menempelkan pada dokumen dengan menu Paste, maka akan ada 2 pilihan, yaitu: Link to spreadsheet dan Paste unlinked.

Pilihan Link to spreadsheet sama dengan metode Object Linking sehingga perubahan tabel data pada aplikasi Google Sheets akan berpengaruh pada tabel data di dalam dokumen.
  1. Seleksi tabel data pada aplikasi Google Sheets, kemudian tekan tombol Ctrl+C (Copy).


  2. Buka dokumen pada aplikasi Google Docs, kemudian pilih menu Edit dan Paste. Pada jendela Paste table yang muncul, pilih Link to spreadsheet. Tekan tombol Paste.


    Perhatikan bagian kanan atas tabel yang ter-copy terdapat icon link yang berbentuk seperti rantai.

  3. Lakukan perubahan pada tabel data di aplikasi Google Sheets. 


  4. Pada tabel data di aplikasi Google Docs akan muncul pilihan UPDATE di kanan atas tabel. Jika pilihan tersebut diklik, maka akan terjadi sinkronisasi data.


    Hasil sinkronisasi data terlihat pada gambar berikut:

Pilihan Paste unlinked sama dengan metode Embedding, jadi tabel data ter-copy sebagai tabel biasa dan tidak terjadi sinkronisasi data. Pada tabel data yang ter-copy juga tidak ada icon link, seperti gambar dibawah ini:
  1. Seleksi tabel data di aplikasi Google Sheets. Tekan tombol Ctrl+C (Copy) kemudian buka dokumen di aplikasi Google Docs, tekan tombol Ctrl+V (Paste), dan pilih Paste unlinked.
  2. Salinan tabel yang muncul di file dokumen tidak memiliki icon link sehingga tidak dapat sinkronisasi data.

0 comments:

Post a Comment